Ternate (ANTARA Bengkulu) - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sula, Provinsi Maluku Utara akan menggelar Festival Teluk Capalulu (FTC) untuk mempromosikan kekayaan wisata daerah itu.

"Kami akan menggelar FTC pada tahun 2013 guna mempromosikan Kepukauan Sula sebagai daerah kepulauan yang memiliki khasanah budaya-budaya asli daerah melalui potensi pariwisata bahari," kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Kepulauan Sula Syafrudin Saere di Ternate, Jumat.

Menurut dia, ajang FTC ini akan dijadikan sebagai agenda tahunan dalam rangka mempromosikan budaya daerah, sehingga tidak dilupakan terutama bagi generasi muda di daerah ini.

Pemkab juga sedang  mempromosikan berbagai potensi budaya lokal melalui pergelaran berbagai kegiatan di antaranya lomba cipta lagu daerah, tarian daerah dan kerajinan khas daerah  dengan tujuan agar budaya di Kabupaten Kepulauan Sula tidak akan punah dimakan zaman.    

"Untuk menjaga kelestarian budaya tersebut, kita gelar festival budaya agar bisa menggali budaya asli daerah ini, dengan demikian, budaya asli yang dimiliki oleh kabupaten Kepsul, maka di tahun 2013 mendatang Dinas Parawisata akan menggelar  FTC yang merupakan ikon utama Pemkab Kepsul," katanya.

Untuk mendukung tercapainya FTC, maka Dinas Parawisata sengaja menggelar festival budaya asli daerah yang masih bersifat lokal sebagai sarana untuk menyosialisasikan program yang telah direncanakan itu.

Dinas Parawisata Kabupaten Kepulauan Sula sudah melayangkan surat terkait rencana perhelatan FTC yang dan akhirnya program tersebut telah diterima oleh Dirjen Pariwisata.

Selain itu, berbagai kerajinan yang hasil oleh para pengrajin dijadikan sebagai aset yang semestinya dimanfaatkan oleh daerah dengan mendukung seluruh kegiatan dari kelompok-kelompok yang punya kreativitas tersebut.

Sedangkan untuk Dinas Parawisata sendiri kerajinan-kerajinan tersebut dijadikan sebagai cendera mata untuk mendukung para pengrajin.

Oleh karena itu, Kadis Parawisata mengajak masyarakat agar dapat membentuk suatu kelompok  yang berbadan hukum agar bantuan nantinya tepat sasaran terutama bagi para pengrajin cendera mata. (Ant)

Editor: Awi
COPYRIGHT © 2014

Komentar Pembaca
Kirim Komentar